Pages

Tuesday, April 30, 2013

Pengertian Google Analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google analytics.com. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.
 Fitur-Fitur yang mendukung:

Alat Analisis

Google Analytics dibuat pada platform pelaporan yang kuat dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat memutuskan data yang ingin dilihat dan menyesuaikan laporan, hanya dengan beberapa klik.


Analisis Konten

Laporan konten membantu Anda memahami bagian mana dari situs web yang berkinerja baik dan laman mana yang paling populer sehingga Anda dapat membuat pengalaman yang lebih baik lagi untuk pelanggan.


Analisis Sosial

Web adalah wadah sosial dan Google Analytics mengukur keberhasilan program media sosial Anda. Anda dapat menganalisis cara pengunjung berinteraksi dengan berbagi fitur di situs (seperti tombol +1 Google) dan terlibat dengan konten di berbagai platform sosial.

Analisis Seluler

Google Analytics membantu Anda mengukur pengaruh seluler pada bisnis Anda. Selain itu, jika Anda membuat aplikasi seluler, Google Analytics menawarkan Peralatan Pengembangan Perangkat Lunak untuk iOS dan Android sehingga Anda dapat mengukur bagaimana orang menggunakan aplikasi Anda.


Analisis Konversi

Mencari tahu jumlah pelanggan yang Anda pikat, jumlah penjualan Anda, dan keterlibatan pengguna dengan situs lewat rangkaian fitur analisis dari Google Analytics.


Analytics Periklanan

Memaksimalkan iklan Anda dengan mempelajari cara kerja iklan sosial, seluler, penelusuran, dan display Anda. Tautkan aktivitas situs web Anda ke kampanye pemasaran untuk mendapatkan gambaran lengkap dan meningkatkan kinerja iklan Anda.


Orang yang dapat menggunakan Analytics

Staf Eksekutif dapat mempelajari:
  • Program pemasaran apakah yang paling efektif
  • Pola/tren kunjungan situs web yang akurat
  • Pelanggan dan segmen pelanggan manakah yang paling menguntungkan
Staf Pemasaran dapat mempelajari:
  • Dari mana pengunjung berasal dan apa yang mereka lakukan di situs
  • Bagaimanakah cara agar situs web mengonversi lebih banyak pengunjung menjadi pelanggan
  • Kata kunci apakah yang menarik bagi prospek dan mengarah ke konversi
  • Materi iklan atau iklan daring apakah yang paling efektif
Pengembang & Konten dapat mempelajari:
  • Lokasi keluarnya pengunjung situs
  • Laman mana yang paling lama mempertahankan pengunjung
  • Istilah penelusuran apa yang biasa digunakan untuk menemukan situs
Selain itu, pelanggan Google AdWords dapat melihat data Analytics mereka dari akun AdWords—kami telah menambahkan tab dalam laporan dan setelan Analytics Anda. Cukup buka Alat & Analisis > Google Analytics. Dan, Analytics akan memberi tag kampanye AdWords Anda secara otomatis Untuk pelacakan terperinci - cukup aktifkan opsi pemberian tag otomatis saat menautkan akun AdWords dan Analytics Anda. Lihat daftar lengkap penawaran Analytics yang menguntungkan.
Kembali ke Atas

Bagaimanakah cara menggunakan Analytics?

Anda dapat menggunakan Analytics untuk melacak berbagai konten berbasis-web.
  • Melacak beberapa situs web
    Google Analytics akan melacak sebanyak mungkin situs web yang Anda miliki! Kami memberikan beberapa profil di akun, sehingga Anda dapat melihat laporan individual untuk domain atau subdomain tertentu.
  • Melacak laman blog, MySpace, atau Facebook Anda
    Untuk menggunakan Google Analytics dalam melacak laman di Facebook, MySpace, WordPress, atau solusi lainnya, kami menyarankan agar menelusuri widget pihak ketiga yang memudahkan penyiapan Analytics untuk kerangka situs yang ditentukan sebelumnya. Anda mungkin tidak dapat menggunakan Analytics di situs tempat Anda tidak dapat mengedit kode laman (seperti di MySpace, misalnya). Namun, seringkali Anda dapat menemukan plugin atau widget yang akan membantu dalam menggunakan Analytics di laman Anda.
  • Melacak kunjungan dari umpan RSS
    Agar Google Analytics dapat melacak data, sangatlah penting untuk mengeksekusi kode pelacakan Google Analytics. Karena sebagian besar pustaka RSS/atom tidak dapat mengeksekusi JavaScript, maka Analytics tidak akan menghitung tayangan laman yang dimuat melalui pustaka RSS. Analytics mengharuskan pengunjung menjalankan berkas JavaScript di server Google dengan tujuan untuk melacak tayangan laman tersebut.
  • Menggunakan Analytics bersamaan dengan solusi analisis web lainnya
    Anda dapat menjalankan Google Analytics secara paralel dengan solusi pihak ketiga atau internal apa pun yang telah digunakan.

Berapakah Biaya Analytics?

Jika situs Anda menghasilkan 10 juta atau lebih sedikit klik per bulan, maka Google Analytics gratis. Jika situs Anda menghasilkan lebih dari 10 juta klik per bulan, maka kami menawarkan peningkatan batas sebagai bagian dari Google Analytics Premium.


5 comments:

Unknown said...

Thanks Gan, Artikel GOOD. Numpang backlink ya Gan. Butuh Jasa Penerjemah, klik http://trusttranslator.com

Unknown said...

saya lagi bingung neee tambah binggung ni kk di google analytics ada muncul Laporan Demografi dan Minat Anda telah diaktifkan, tetapi Anda tetap harus mengaktifkan Fitur Iklan untuk mendukung fitur ini. apa ya maksudnya moho balas yah kaka http://www.gadogadoilmu.com/

Unknown said...

aku pusingg,,,www.ampuhlyrics.com

Unknown said...

bingung baca-nya.. terlalu rumit untk newbie..
https://beken.id/

Kang Wira said...

saya masih belum paham cara meneliti pergerakan dan perkembangan blog / website melalui google analystic, sampai sekarang masih cari-cari tutorialnya..

www.kangwira.com

Post a Comment