Pages

Thursday, April 25, 2013

Mendaftar Webmaster tool

Optimisasi mesin pencari (bahasa inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.


Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal.salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program ste explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.

 Cara Menggunakan Google Webmaster Tool:
 Google Webmaster Tool adalah alat yang disediakan google untuk melihat dan menilai blog kita agar terindeks dimesin pencari Google.Dengan menggunakan Google Webmaster Tool kita dapat lebih mudah melakukan langkah-langkah SEO Yang harus di jalankan. Google Webmaster Tool dapat kita dapatkan secara gratis dan mudah, yang harus kita miliki hanya akun google. Pasa pakar SEO juga sangat menganjurkan menggunakan Google Webmaster Tool. Karena dari tadi saya ngomongin Google Webmaster Tool berarti dalam postingan kali ini saya akan menerangkan dan menjelaskan Cara Menggunakan Google Webmaster Tool Silakan ikuti langkah-langkah berikut Untuk Menggunakan Google Webmaster Tool :

1.Login Ke https://www.google.com/webmasters/tools. Jika anda sudah login ke blogger maka situs ini akan login secara otomatis dengan akun google kamu.

2.Setelah muncul tampilan dashboard isikan alamat blog kamu di kotak teks lalu klik Add Site.

3.Setelah kamu mengklik Add Site maka URL blog kamu ditambahkan ke Google Webmaster Tool. walaupun begitu kamu perlu memverifikasi URL blog kamu terlebih dahulu .Tujuanya untuk meyakinkan apakah kamu pemilik dari blog yang kamu daftarkan.

4.Kemudian pilih verifikasi Dengan Meta Tad.

5.Setelah muncul Kode Meta Tag untuk Verifikasi Copy kode tersebut ke blog kamu,Caranya Login ke blogger lalu klik Tata Letak lalu pilih Edit HTML. Setelah itu cari kode <head> biar lebih gampang cari kode tersebut Gunakan tombol CTRL+F .Klo udah ketemu kode <head> nya paste kode Meta Tag dari Google Webmaster Tool di bawahnya. kalo udah klik save template.

6.Setelah itu balik lagi ke halaman Google Webmaster Tool lalu klik verify . setelah blog kamu Terverifikasi maka status blog kamu di Google Webmaster Tool menjadi verified.


CARA MEMAKSIMALKAN GOOGLE WEBMASTER TOOLS
Memaksimalkan Fungsi Google Webmaster Tools merupakan kunci utama dalam meraih keberhasilan pada pengelolaan blog agar nangkring di Google, tidak hanya teknik seo pada template dan meta blog tetapi settingan pada google webmaster tools sangat berpengaruh besar dimana google webmaster tools berfungsi sebagai pemaksimalkan proses pengindekan blog terhadap mesin pencari (search engine). Karena kita ada pada kekuasaan google, jadi apa rahasia-rahasia yang ada pada webmater tools : 

Membuat format feed pada sitemap
Salah satu cara memudahkan spider google mengindex halaman yaitu dengan mengarahkannya melalui sitemaps. Untuk mempermudah dalam membuat sitemaps gunakan jasa sitemaps generator khusus blogspot. Atau format standar feed Atom.xml. dan siapkan juga format cadangan feed yaitu

rss.xml
feeds/posts/default
feeds/posts/default?alt=rss
/atom.xml?redirect=false&amp;start-index=1&amp;max-results=500

Lakukan site verification

Site verification adalah dengan memasang meta tag Google pada blog kita hal ini perlu dilakukan sebagai bahan informasi bahwa kita telah mendaftar di Google search engine dan mempercepat kerja spider Google, serta mencegah agar jangan sampai terjadi duplicate meta tag verification karena Google tidak suka ini.
 
Selanjutnya Google akan memberikan tata-cara memverifikasi Google meta ke blog kita, pilih secara manual copy paste kode tersebut dalam blog, letakkan dibawah <head>.

0 comments:

Post a Comment