Pages

Sunday, April 21, 2013

Google latitude aplikasi berbagi lokasi

Google Latitude
Pengembang
Google
Status pengembangan Beta
Sistem operasi Cross-Platfrom
Ketersediaan bahasa Bahasa Inggris
Jenis
Aplikasi web
Lisensi
Google Latitude
Situs web resmi www.google.com/latitude
Googla Latitude merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi tempat mereka berada dengan teman dan keluarga. Walaupun demikian, fitur ini tidak akan menunjukkan lokasi spesifik tempat pengguna berada tapi memberikan informasi bahwa pengguna sedang berada di suatu lokasi pada waktu tertentu. Cara penggunaannya cukup mudah, seseorang harus memiliki akun Google terlebih dahulu lalu akses halaman http://www.google.com/latitude/intro.html. Seseorang juga bisa mengundang teman dan keluarga untuk bergabung dengan Google Latitude. Setelah mereka bergabung, pengguna dapat melihat foto mereka muncul di atas Google Maps yang dapat diakses melalui perangkat mobile ataupun PC dan laptop. Dari situ seseorang dapat mengetahui di mana teman dan keluarga berada.
Tidak hanya itu saja, setelah seseorang melihat foto mereka muncul, pengguna bisa klik pada foto tersebut dan melakukan chat, mengirim SMS, email bahkan menelpon mereka. Petunjuk jalan pun tersedia di Google Maps jika pengguna ingin menemui temannya tersebut.
Jika pengguna ingin menyembunyikan lokasi di mana dia berada, Google Maps memungkinkannya untuk mengatur tampilan lokasi tempat dia berada, sehingga hanya bisa dilihat oleh teman atau keluarga yang dipilih.
Google Latitude telah tersedia untuk 27 negara dan dapat diakses melalui beberapa perangkat mobile, antara lain :
  • Perangkat mobile berbasiskan OS Android, seperti T-Mobile G1.
  • Blackberry
  • Perangkat mobile berbasikan OS Windows Mobile 5.0
  • Perangkat mobile berbasikan Symbian S60 (Nokia smartphones).
  • Pengguna Google.com dengan melalui iGoogle.
Google mengklaim lebih dari 3 juta penguna telah menggunakan layanan Google Latitude. Beberapa waktu lalu, Google telah meluncurkan API Latitude. Kini fitur baru bernama dashboard hadir. Sepertinya Google tengah berkonsentrasi untuk membuat layanan berbasis lokasinya kian menarik.

Cara lain menggunakan Latitude

  • Gadget iGoogle
    Gunakan Latitude dalam layar penuh dari komputer Anda, meskipun tanpa ponsel atau paket layanan data yang kompatibel.
    Tambahkan ke iGoogle
  • Aplikasi Latitude
    Lakukan lebih banyak hal dengan lokasi Latitude Anda. Dapatkan riwayat lokasi, siapkan lansiran, publikasikan lokasi, berintegrasi dengan status Google Talk dan lain-lain.
    Buka Aplikasi Latitude »

Ponsel yang didukung

Latitude adalah fitur pada Google Maps untuk seluler di kebanyakan ponsel. Untuk menggunakan Latitude, mulai Google Maps, kemudian pilih "Gabung Latitude." Belum punya Google Maps untuk seluler? Kunjungi http://m.google.co.id/maps menggunakan peramban ponsel.
Kunjungi Pusat Bantuan untuk melihat apakah Google Maps dengan Latitude berfungsi pada ponsel Anda. Pengguna iPhone dapat menggunakan Latitude dengan mengunjungi www.google.co.id/latitude dalam Mobile Safari.

0 comments:

Post a Comment